Friday , May 3 2024
Breaking News
Home / Headline / Jokowi: Pelabuhan Patimban Mulai Hari Ini Bisa Digunakan
Jokowi: Pelabuhan Patimban Mulai Hari Ini Bisa Digunakan

Jokowi: Pelabuhan Patimban Mulai Hari Ini Bisa Digunakan

JAKARTA, YukUpdate – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Pelabuhan Internasional Patimban, Subang, Jawa Barat. Mulai hari ini, pelabuhan tersebut sudah siap untuk digunakan.

“Pelabuhan Patimban hari ini saya nyatakan siap dan bisa digunakan,” ujarnya dalam Soft Launcing dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban, Minggu (20/12/2020).

Jokowi mengaku senang dengan proses pembangunan Pelabuhan Patimban pada Fase I. Di mana pelabuhan ini sudah siap melayani 3,75 juta peti kemas. Diharapkan pada pembangunan Fase III nantinya, kapasitas pelabuhan menjadi jadi 7 juta peti kemas.

“Dengan kapasitas car terminal 218 ribu mobil dan nanti 600 ribu kendaraan dan akan meningkatan ekpsor otomotif kita ke pasar global,” ujarnya.

Meski demikian, Kepala Negara menagaskan bahwa hadirnya Pelabuhan Patimban harus juga mendukung ekspor produk lain yang mengerakan ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pertanian , industri kreatif serta produk lain sehingga siap bersaing di pasar global.

“Untuk itu saya minta Gubernur, Bupati, Walikota dan pejabat terkait untuk bersama pelaku UMKM, koperasi dan perusahaan swasta memaksimalkan infrastruktur yang dibangun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Keberadaan pelabuhan semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi dan tumbuhnya sentra baru,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan pembangunan tahap dua Proyek Strategi Nasional (PSN) itu seiring dengan telah diresmikan pembangunan tahap satu yang dilaksanakan hair ini. 

Di mana, pada fase pertama, pelabuhan memiliki peti kemas seluas 35 hektar dengan kapasitas 25 ribu TEUs per tahun. Patimban juga menjadi terminal kendaraan seluas 25 ha dengan kapasitas mobil 218.000 CBU. Sementara itu, pada fase dua pemerintah akan menambah pembangunan kurang lebih 66 hektar.

“Pada tahap dua 2021-2024 akan terbangun sebanyak kurang lebih 66 hektar,” ujarnya. 

loading...
https://thebalidestiny.com/car

Check Also

Jokowi Terbang ke Beijing, RI-China Teken Proyek Rp197,8 T

Jokowi Terbang ke Beijing, RI-China Teken Proyek Rp197,8 T

Jakarta, YukUpdate– Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini terbang ke Beijing, China untuk bertemu dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Eitss ga bole copas lho !!