Sunday , June 9 2024
Breaking News
Home / Headline / Gibran Bisa Jadi Cawapres, Gurita Bisnisnya Jadi Sorotan
menhan-prabowo-dan-wali-kota-solo-gibran-hadiri-hari-veteran-nasional-di-unsdok-dokumentasi-tim-media-prabowo-subianto_169

Gibran Bisa Jadi Cawapres, Gurita Bisnisnya Jadi Sorotan

Jakarta, YukUpdate – Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan terkait syarat batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 40 tahun dan pernah menjabat sebagai Kepala Daerah. Dengan begitu, peluang untuk Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, yang juga merupakan putra sulung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) untuk dicalonkan sebagai calon Wakil Presiden terbuka lebar.

Seperti diketahui, belakangan terus mengemuka wacana pencalonan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden. Bahkan, putusan MK ini dikatakan bisa menjadi game changer dalam pencalonan capres dan cawapres yang akan dibuka pendaftarannya pada Kamis, (19/10/2023) pekan ini.

Nama Gibran sendiri banyak menyedot perhatian publik, dan dinanti keputusan politiknya. Apakah dirinya akan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden yang diusung partainya saat ini, yakni PDI Perjuangan, atau justru bersedia dicalonkan menjadi calon Wakil Presiden-nya Prabowo. Namun, bukan hanya karir politiknya saja yang menimbulkan pro dan kontra, kiprah bisnisnya sebelum terjun ke dunia politik juga sering kali mendapat tanggapan masyarakat.

Gibran diketahui memiliki bisnis di bidang kuliner, game hingga jas hujan. Salah satu yang paling terkenal adalah startup bernama Goola yang pada tahun 2019 lalu mendapatkan suntukan modal dari firma modal ventura Alpha JWC senilai US$5 juta. Kabarnya bisnis Gibran ini akan dikelola oleh sang adik Kaesang Pangarep.

Lalu apa saja deretan bisnis yang dimiliki ayah dari Jan Ethes ini. Berikut daftar bisnisnya, dirangkum dari berbagai sumber.

Goola

Startup ini bergerak di bisnis kios produk minuman tradisional, sebut saja Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren.

Gibran menargetkan pangsa pasar kelas menengah untuk bisnisnya ini. Goola bisa ditemui di sejumlah mal ternama di Jakarta.

Katering Chilli Pari

Bisnis ini sudah berdiri sejak 2010 lalu dan dimulai dengan modal Rp700 juta untuk membeli peralatan katering. Chili Pari juga sudah dikenal jadi salah satu bisnis jasa boga di kota Solo.

Bukan hanya Solo, Katering Chilli Pari juga membuka jasanya di sejumlah kota seperti Yogyakarta, Ngawi, Madiun dan Semarang.

Chilli Pari juga berkembang dari bisnis katering. Sekarang sudah merambah ke wedding organizer hingga pengadaan suvenir, undangan, dan foto pre-wedding.

Markobar

Bisnis kuliner berikutnya adalah Markobar dan sempat menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu. Jualan martabak berubah jadi naik kelas dengan menghadirkan beragam topping dan cara penyajian yang berbeda.

Markobar dimulai dari Solo lalui merambah di kota-kota lain termasuk Jakarta, Bandung hingga Makassar dan Manado.

Pasta Buntel

Bisnis ini menghadirkan pasta dengan harga terjangkau dan ciri khas Indonesia. Namun ternyata di Pasta Buntel, Gibran masuk sebagai penyuntikan modal.

Sebenarnya Pasta Buntel didirikan oleh tiga orang yakni Jefri Lintang Biantara, Sri Palgunadi dan Agnar Juan.

Mangkok Ku Indonesia

Kembali berbisnis di bidang kuliner, Mangkok Ku merupakan hasil kerja sama Gibran bersama Kaesang dan juri MasterChef Indonesia, Chef Arnold Poernomo.

Mangkok Ku telah berjalan sejak 20 Juni 2019 dan memiliki slogan Bersih Merakyat Nikmat Nyata.

Tugas Negara Bos

Berbeda dengan bisnis kuliner, kali ini Gibran memiliki bisnis Jas Hujan Tugas Negara Bos. Jas Hujan ini populer setelah Najwa Shihab difoto saat sedang menggunakannya.

Tugas Negara Bos juga pernah menjual jaket bomber edisi spesial. Sebagian dari keuntungannya didonasikan untuk urunan membangun pesawat buatan Indonesia R80.

Bisnis ini merupakan lini bisnis Gibran yang diluncurkan tahun 2017. Melalui akun Instagramnya, dia mengatakannya jika bisnisnya digagas bersama Kaesang dan teman-temannya yang produksinya di Solo.

Permainan Hompipa Games

Penerbit dan pengembang games dan card games milik Gibran dan Kaesang berfokus menghadirkan konten dan nilai baik Indonesia. Hompipa Games juga mencoba merealisasikan ide kreatif para game designed dan pengembang game untuk bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

Berdiri sejak Juli 2017, Hompipa Games telah meluncurkan sejumlah judul Game, yakni Orang Rimba: The Forest Keeper, Acaraki: The Java Herbalist, Math Cat, Senggal-Senggol Gang Damai, dan The Art of Batik.

Icolor

Bisnis ini merupakan reparasi produk keluaran Apple di bawah naungan PT Icolor Digital Indonesia. Menurut Gibran beberapa waktu lalu, kehadiran iColor di Jakarta sebab mayoritas masyarakat di ibu kota menggunakan produk Apple.

loading...
https://thebalidestiny.com/car

Check Also

Jokowi Terbang ke Beijing, RI-China Teken Proyek Rp197,8 T

Jokowi Terbang ke Beijing, RI-China Teken Proyek Rp197,8 T

Jakarta, YukUpdate– Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini terbang ke Beijing, China untuk bertemu dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Eitss ga bole copas lho !!