Saturday , April 20 2024
Breaking News
Home / News / Regional / Bali / Ketua PHDI: Internet Saat Nyepi Masih Hidup, Tapi Medsos Tidak
Ketua PHDI Bali Tegaskan Nyepi 2021 Hanya Digelar Sehari, Buka Tiga Hari

Ketua PHDI: Internet Saat Nyepi Masih Hidup, Tapi Medsos Tidak

Denpasar, YukUpdate – Ketua PHDI Bali Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana menyampaika hal berbeda soal internet saat perayaan Nyepi yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2021. Sudiana mengatakan internet tetap hidup namun media sosial kemungkinan bakal dimatikan.

“Karena musim pandemi seperti sekarang, dokter-dokter juga, hampir seluruh kecamatan  ada ppkm, maka internet masih hidup, tapi medsos mungkin tidak. Itu pertimbangan kemanusiaan,” kata Sudiana saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (5/3/2021)

Menurut Sudiana, sebetulnya PHDI Bali mengusulkan agar internet dimatikan saat perayaan hari raya nyepi. Namun karena pertimbangan kemanusiaan, dan karena adanya pandemi covid-19, maka internet tetap  hidup. “Ini bersifat khusus. Kalau tidak pandemi mungkin bisa dimatikan. Seperti surat edaran, kalau ada yang sakit kan harus tetap dibawa ke rumah sakit. Kalau normal situasinya, mungkin kembali seperti usulan kemarin itu,” katanya

Keputusan ini, lanjut Sudiana, merupakan usulan Forum Kerukunan Antarumat Beragama (FKUB) dan pemerintah di Bali. 

Terpisah, sebelumnya Pemprov Bali bersama DPRD Bali dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) terkait perayaan Hari Raya Nyepi. 

Dalam Mou itu, lembaga penyiaran diminta tidak melakukan siaran dan WiFi internet di tempat umum akan dimatikan selama Hari Raya Nyepi.

“Kalau misalkan MoU itu, karena ini bagian dari kegiatan reguler maka saya kira harus dijalankan,” kata Ketua KPID Bali, I Made Sunarsa di Diskominfos Provinsi Bali, Kamis (4/3/2021).

MoU tersebut tertuang dalam Nomor 480/062/KPID, 480/3056/PI/Diskominfos, 480/1386/DPRD tentang imbauan tidak bersiaran dan/atau merelay siaran pada Hari Raya Nyepi tanggal 14 Maret 2021. Di Pasal 5 dalam MoU itu mengimbau kepada seluruh lembaga penyiaran radio, televisi, baik lembaga penyiaran publik, lembaga penyiaran publik lokal, lembaga penyiaran swasta, lembaga penyiaran komunitas dan lembaga penyiaran berlangganan untuk tidak melakukan aktivitas siaran pada Hari Raya Nyepi yang jatuh pada hari Minggu (14/3), mulai pukul 06.00 WITA hingga Senin (15/3) pukul 06.00 WITA. 

loading...
https://thebalidestiny.com/car

Check Also

Jokowi Terbang ke Beijing, RI-China Teken Proyek Rp197,8 T

Jokowi Terbang ke Beijing, RI-China Teken Proyek Rp197,8 T

Jakarta, YukUpdate– Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini terbang ke Beijing, China untuk bertemu dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Eitss ga bole copas lho !!