Tuesday , September 27 2022
Breaking News
Home / Headline / Mau Tahu Solusi Alami untuk BAB Macet?
Mau Tahu Solusi Alami untuk BAB Macet?

Mau Tahu Solusi Alami untuk BAB Macet?

Jakarta, YukUpdate – Pada umumnya, seseorang buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali dalam seminggu. BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu menandakan seseorang mengalami konstipasi.

Konstipasi atau sering disebut dengan sembelit dan BAB macet, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk saat bekerja. Tentu sulit ketika harus menyelesaikan deadline pekerjaan dengan rasa tidak nyaman di perut. Agar bisa kembali beraktivitas dengan lancar, berikut adalah tips untuk mengatasi BAB tidak lancar.

Perbaiki Pola Makan
Kurang mengkonsumsi serat atau minum air putih berdampak pada sistem pencernaan kita. Oleh karena itu, perbanyak makan dan minuman sumber serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah serta sayur. Dan jangan lupa untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Rajin Berolahraga
Jarang bergerak menjadi salah satu penyebab utama BAB macet. Hal ini sering kali terjadi kepada pegawai kantoran. Baik di kantor atau saat bekerja dari rumah (WFH), tidak jarang mereka terpaksa harus duduk di depan komputer selama berjam-jam.

Luangkan sekitar 15-30 menit untuk berolahraga. Mengunjungi gym atau pusat kebugaran mungkin sulit di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, banyak kelas workout daring yang bisa diikuti dari rumah. Lari pagi atau jogging juga bisa menjadi pilihan.

Jangan Menahan BAB
Terkadang seseorang menahan BAB karena harus melakukan kegiatan lainnya. Misalnya, saat dalam perjalanan sehingga malas untuk berhenti

sebentar di toilet umum. Namun, kebiasaan ini mengakibatkan tinja mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Sering menahan BAB bisa menyebabkan penyakit serius seperti wasir, radang usus besar, hernia bahkan kanker.

Konsumsi Pencahar
Untuk mengatasi masalah BAB sebagian orang memilih mengonsumsi obat pencahar. Saat mengonsumsi obat pencahar, haruslah memperhatikan dosis dan komposisi serta berkonsultasi dengan dokter karena obat apa pun berpotensi menimbulkan efek samping dan ketergantungan.

Namun jangan khawatir, ada suplemen untuk melancarkan masalah BAB macet yang mengandung serat alami dan herbal yaitu Vegeta Herbal.Tidak hanya efektif mengatasi dan memperlancar BAB macet, Vegeta Herbal tidak menyebabkan kram perut dan mules berlebihan sehingga lebih aman digunakan daripada obat.

Sumber : WebMD

loading...
https://thebalidestiny.com/car

Check Also

10 Gaji Profesi Tertinggi di RI, Sebulan Bisa Beli Rumah

10 Gaji Profesi Tertinggi di RI, Sebulan Bisa Beli Rumah

Jakarta, YukUpdate – Gaji bulanan merupakan salah satu aspek penting yang dipertimbangkan seseorang ketika mendapatkan pekerjaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Eitss ga bole copas lho !!