Tuesday , September 27 2022
Breaking News
Home / Lifestyle / Fashion / Jadi Viral, Apa Sebenarnya Citayam Fashion Week?
citayam_fashion_week_ditutup

Jadi Viral, Apa Sebenarnya Citayam Fashion Week?

Jakarta, YukUpdate — Belakangan ini istilah Citayam Fashion Week menjadi bahan pembicaraan paling ramai di kalangan masyarakat, terutama warganet di media sosial. Meskipun menuai pro dan kontra, tidak sedikit yang mendukung tren fashion street di kawasan Dukuh Atas-Sudirman ini.
Lalu apa sebenarnya Citayam Fashion Week itu? Bagaimana latar belakang fenomena ini muncul?

Banyak yang sudah tidak asing dengan istilah Paris Fashion Week atau New York Fashion Week. Ini merupakan ajang-ajang di mana para perancang busana memamerkan koleksi-koleksinya yang diperagakan oleh model profesional. Biasanya dipamerkan di jalanan-jalanan kota.

Semua berawal dari para remaja asal daerah penyangga Jakarta seperti Citayam, Bojong Gede, dan Depok, yang mengubah kawasan ruang terbuka Dukuh Atas-Sudirman, Jakarta Pusat, menjadi tempat nongkrong. Viralnya kawasan Dukuh Atas-Sudirman sebagai lokasi Citayam Fashion Week bermula dari beredarnya video-video para anak muda itu di media sosial, khusunya TikTok.

Citayam Fashion Week telah menjadi pembicaraan beberapa minggu terakhir. Semua berawal dari para remaja asal daerah penyangga Jakarta, yang mengubah kawasan Dukuh Atas di Jakarta Pusat menjadi tempat nongkrong.


Dalam beberapa video wawancara yang muncul di media sosial dan YouTube, ada remaja yang sengaja datang berpasangan dan ketika dimintai komentar, jawaban mereka cenderung blak-blakan dan unik.

Pegiat TikTok Bonge menyapa dari atas mobil di kawasan Taman Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Pemprov DKI Jakarta akan menertibkan masyarakat yang duduk-duduk dan berkumpul di kawasan tersebut di atas pukul 22.00 WIB, sesuai ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Salah satu anak muda yang terkenal karena Citayam Fashion Week, Bonge, menyapa dari atas mobil di kawasan Taman Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (14/7/2022).  (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.)

Citayam Fashion Week berawal dari ide untuk menghabiskan waktu dan adu kreativitas para remaja ini untuk tampil dengan gaya berpakaian yang mereka sukai. Dalam video-video wawancara, para remaja Citayam itu kerap mengenakan busana-busana yang eksentrik ala street fashion luar negeri.

Selain dari Citayam, anak-anak muda yang unjuk gigi di Citayam Fashion Week juga berasal dari Bojong Gede dan Depok. Sampai pada akhirnya, kawasan SCBD diplesetkan singkatannya menjadi Sudirman Citayam Bojonggede Depok.

Mereka pun menjadi sensasi di internet usai melakukan peragaan busana amatir dengan menjadikan zebra cross sebagai panggung catwalk-nya. Semakin hari, kawasan ruang terbuka Dukuh Atas-Sudirman terus dipadati anak-anak muda, yang bukan hanya dari Citayam, Bojong Gede, Depok, tapi juga Tangerang, Bekasi, dan daerah-daerah penyanggah Jakarta.

Terlebih, Dukuh Atas merupakan lokasi titik pertemuan sejumlah transportasi terpadu di Jabodetabek, yang memudahkan mereka menuju ke sana dari tempat asal masing-masing. Beberapa sosok remaja yang menginisiasi Citayam Fashion Week antara lain Bonge, Jeje, Kurma, dan Roy.


Busana anak-anak muda ini tergolong khas, dari jaket kulit, celana model 90-an, kemeja oversize sampai sepatu sneakers warna-warni. Mereka pandai mengeksploitasi media sosial, sehingga menjadikan Citayam Fashion Show semakin populer dan menarik perhatian khalayak luas.

Zebra cross yang mereka pakai sebagai panggung catwalk pun kini menjadi ikonik, karena artis, model profesional, hingga pejabat juga diketahui ikut-ikutan menjajal beraksi bak model di lokasi tersebut.

Namun, fenomena Citayam Fashion Week tidak selalu mendapat respons positif dari masyarakat. Sebab, ajang ini semakin ramai dan membuat sebagian pekerja yang melintasi area itu merasa terganggu dan menimbulkan kemacetan. Anak-anak muda itu juga terlihat bergerombol di trotoar hingga memenuhi setengah kawasan Jalan Sudirman.

loading...
https://thebalidestiny.com/car

Check Also

Resmi Naik! Segini Harga Baru BBM Pertamina Seluruh SPBU RI

Resmi Naik! Segini Harga Baru BBM Pertamina Seluruh SPBU RI

Jakarta, YukUpdate – PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga tiga jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) non …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Eitss ga bole copas lho !!