Thursday , January 27 2022
Breaking News
Home / Headline / 4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Seharian Agar Tidur Nyenyak
4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Seharian Agar Tidur Nyenyak

4 Makanan yang Harus Dikonsumsi Seharian Agar Tidur Nyenyak

Jakarta, YukUpdate – Banyak hal yang bisa membuat seseorang sulit tidur. Beberapa makanan disebut berkontribusi terhadap kemampuan seseorang untuk mendapatkan tidur berkualitas di malam hari.

Pada dasarnya, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Namun, jumlah waktu tidur yang dibutuhkan akan berbeda satu sama lain, tergantung dengan kondisi fisik masing-masing.

Sejumlah penelitian telah menemukan hubungan antara makanan dan minuman yang dikonsumsi sepanjang hari dengan kualitas tidur.https://a7d1130eeaa17d8e295f7de87dd5042b.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

Berikut beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi sepanjang hari untuk mendapatkan tidur berkualitas di malam hari, mengutip Huffington Post.

1. Makanan tinggi melatonin

Melatonin merupakan hormon alami yang mengatur waktu tidur. Meski diproduksi dalam tubuh, tapi Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung melatonin seperti kacang almond. Anda bisa menjadikan kacang almond sebagai camilan sepanjang hari.

Selain itu, makanan yang mengandung triptofan seperti yogurt tawar juga dapat membantu meningkatkan produksi melatonin.

“Semakin banyak Anda mengonsumsinya, semakin baik efeknya,” ujar ahli gizi, Shana Minei Spence.

2. Makanan mengandung magnesium

Mirip dengan melatonin, magnesium juga berperan untuk mendorong keinginan tidur.

“Peran magnesium dalam mendorong tidur diperkirakan terkait dengan kemampuannya untuk mengurangi peradangan,” ujar Spence. Selain itu, magnesium juga diklaim mampu membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol yang dapat mengganggu tidur.

Beberapa makanan kaya magnesium di antaranya sayuran berdaun hijau, kacang almond, selai kacang, dan biji bunga matahari.

3. Makanan utuh, bukan olahan

Makanan utuh adalah makanan yang diproses secara minimal dan mengandung banyak serat. Makanan seperti ini bisa membuat perut Anda kenyang di malam hari.

Makanan utuh membantu menenangkan sistem pencernaan. Sementara makanan manis atau makanan olahan lainnya dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Beberapa pilihan yang bisa Anda coba di antaranya bubur gandum, kacang panggang, atau telur yang bisa dijadikan menu sarapan. Sementara untuk makan siang dan malam, Anda bisa mencoba ikan salmon yang sehat atau tahu dan tempe.

4. Minuman hangat bebas kafein

Alih-alih rutin mengonsumsi kopi, pilih-lah minuman lain yang tidak mengandung kafein.

Teh chamomile sangat direkomendasikan untuk diminum sebelum tidur. Selain itu, ada pula susu kunyit berbahan dasar susu almond, kunyit, dan kurma sebagai pemanis.

“Kunyit adalah senyawa anti-inflamasi yang kuat, yang dapat meningkatkan perasaan tenang dan menenangkan pencernaan, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur,” ujar ahli gizi lainnya, Kylene Bogden.

Namun, Anda disarankan untuk tidak menggunakan susu sapi. Pasalnya, susu sapi bisa menimbulkan peradangan bagi sebagian orang, menimbulkan gas, dan kembung.

Sumber : Huffington Post

loading...
https://thebalidestiny.com/car

Check Also

Ditengok Jokowi, Begini Kondisi Terkini Sirkuit Mandalika

Lombok, YukUpdate – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi melanjutkan kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Eitss ga bole copas lho !!