Saturday , July 31 2021
Breaking News
Home / Headline / Varian Virus dari India Masuk ke Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada
Varian Virus dari India Masuk ke Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada

Varian Virus dari India Masuk ke Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada

Jakarta, YukUpdate – Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah Untuk Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta masyarakat Indonesia untuk selalu waspada atas varian baru virus Covid-19 asal India, yaitu B.1.617 yang telah masuk ke Indonesia.

“Saya meminta masyarakat untuk tidak panik. Hal yang terpenting adalah protokol kesehatan harus dapat terus dilakukan oleh masyarakat sebagai bentuk perlindungan diri dari penularan Covid-19,” katanya saat konferensi pers virtual terkait Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia pada Selasa (4/5/2021).

Upaya lain yang dilakukan untuk meredam penyebaran varian virus Covid-19 ini dengan mengetatkan pintu masuknya pekerja migran Indonesia dari luar negeri.

“Pemerintah juga telah mengantisipasi masuknya pekerja migran Indonesia dari luar negeri. Sesuai dengan arahan Presiden, maka Pangdam dan Kapolda di daerah diminta mengintegrasikan seluruh instansi pusat yang terlibat dalam kepulangan TKI,” urai Wiku Adisasmito.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan kontrol terhadap pekerja migran yang pulang ke Tanah Air sekaligus mencegah adanya oknum yang melakukan pelanggaran terkait prosedur kedatangan ke Tanah Air,” tambah dia.

Selain itu, Wiku juga mengatakan varian lain Covid-19 yakni B.1.351 asal Afrika Selatan, juga ditemukan di Indonesia. Dua kasus varian B.1.617 ditemukan di Jakarta, dan satu kasus dengan varian B.1.351 ditemukan di Bali.

Secara terpisah, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan satu pasien di daerah setempat yang dinyatakan positif Covid-19 dengan varian baru dari Afrika Selatan telah meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Kota Denpasar.

“Pasien yang meninggal tersebut berasal dari Kabupaten Badung dan memang belum mengikuti program vaksinasi Covid-19,” katanya di Denpasar, Selasa (4/5/2021).

Sumber: BeritaSatu.com

loading...
https://thebalidestiny.com/car

Check Also

demo bandung

Polisi Bubarkan Massa Demo Tolak PPKM di Bandung

Bandung, YukUpdate — Aparat kepolisian membubarkan massa aksi penolak  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Eitss ga bole copas lho !!